Kamis, 16 Juni 2016

KEUNGGULAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PEMERINTAHAN

 
 
 
 
Jurusan Ilmu Pemerintahan merupakan salah satu jurusan yang ada dalam lingkup Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang  berdiri pada tahun 1986 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0502/O/1516. Semula jurusan ilmu pemerintahan menampung alumni Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN-Malang) yang ingin memperoleh gelar sarjana S1. Oleh karena itu jurusan ilmu Pemerintahan semula diarahkan untuk mengisi jabatan-jabatan yang ada dalam lingkup pemerintahan. Jurusan Ilmu Pemerintahan membekali mahasiswa dengan keilmuan dan keterampilan yang komprehensif di bidang kepemerintahan.
 
Dalam perkembangannya, jurusan ilmu pemerintahan tidak hanya diarahkan pada penyediaan sarjana-sarjana yang akan mengisi jabatan pemerintahan saja, melainkan terbuka untuk jabatan di luar pemerintahan, seperti misalnya di dunia politik (partai politik), LSM (lembaga Swadaya Masyarakat, swasta (perusahaan) maupun di dunia jurnalistik (wartawan).
 
Perkembangan kehidupan politik dan pemerintahan pasca reformasi yang ditandai dengan semakin meningkatkan peran partai politik di semua lini, memungkinkan partai politik tumbuh dan berkembang hampir di seluruh pelosok tanah air bahkan di desa-desa. Disamping itu penerapan desentralisasi dan otonomi daerah telah memberikan kesempatan bagi setiap daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan pemerintahannya sendiri sesuai dengan prakarsa dan aspirasi masyarakat setempat. Oleh karena itu maka setiap daerah akan semakin banyak membutuhkan sumber daya manusia yang tidak hanya terampil, namun juga memiliki akhlak yang mulia, serta ditunjang dengan kapasitas dan kualitas keilmuan yang tinggi di bidang politik dan pemerintahan daerah.
 
Untuk menjawab kebutuhan daerah akan ketersediaan sumber daya manusia, yang terampil dan berkualitas dalam rangka mewujudkan kehidupan politik dan pemerintahan yang demokratis di daerah, maka jurusan ilmu pemerintahan mengundang putera-putera daerah untuk bergabung dengan jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang.
 
Dengan menempati kawasan yang luas dan berada di lokasi strategis di tengah-tengah antara Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, serta ditunjang dengan suasana kota Malang yang sejuk, memungkinkan terciptanya suasana belajar di Jurusan Ilmu Pemerintahan tidak hanya kondusif, tetapi juga menyenangkan. Selain itu, Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UMM memiliki staf  pengajar yang berkualifikasi profesor, doktor dan master, mulai 1968 jurusan ilmu pemerintahan telah melahirkan sarjana yang professional yang dibutuhkan baik oleh institusi publik maupun privat. Banyak alumni jurusan ilmu pemerintahan yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran pemerintahan, baik pemerintahan pusat, propinsi, maupun pemerintah kabupaten/kota hingga di jajaran pemerintahan desa dan kelurahan.
 

 
sumber : https://www.google.com/search?q=KEUNGGULAN+DAN+PERKEMBANGAN+ILMU+PEMERINTAHAN+UMM&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiItKiuqKzNAhUHu48KHQCQBDQQ_AUICSgC&biw=1366&bih=631#tbm=isch&q=ILMU+PEMERINTAHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar